8 Penyebab Gejala dan Mata Katarak

Posted by Blog Kesehatan

8 Penyebab Gejala dan Mata Katarak - Katarak adalah salah satu gangguan pada kesehatan mata yang sering menimpa orang yang lanjut usia, terkadnag juga pada orang yang lebih muda. Mata merupakan pemberian Allah SWT yang harus kita rawat, kita diberikan mata secara gratis, namun kita tidak akan mau menjulanya seandainya ada orang yang mau membeli mata kita, berarapun harganya.

Maka dari itu, sudah sepantasnya kita agar selalu menjaga kesehatan mata, supaya dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada mata, salah satunya adalah katarak. Pada dasarnya, katarak terjadi akibat adanya protein di dalam mata sehingga Anda tidak bisa melihat objek dengan jelas bahkan mata katarak yang levelnya sudah sangat parah bisa menyebabkan kebutaan. Kali ini admin ingin berbagi 8 Penyebab Gejala dan Mata Katarak.
8 Penyebab Gejala dan Mata Katarak
Ilustrasi Mata Katarak

8 Penyebab Gejala dan Mata Katarak


1. Usia

Tidak bisa disangkal bila mata katarak memang umumnya terjadi pada orang dewasa, semakin bertambahnya usia, protein lensa akan ikut mengalami penurunan sehingga tidak sedikit orang dewasa akan mengalami mata katarak di usia tuanya. Oleh karena itu, alangkah bijaksananya jika Anda sudah membiasakan diri sejak kecil untuk selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, seperti wortel dan berbagai jenis sayur dan buah-buahan lainnya sehingga ketika Anda beranjak dewasa, resiko terkena mata katarak pun sedikit berkurang.

2. Trauma

Trauma yang terjadi akan mengakibatkan banyak hal buruk bagi kondisi kesehatan mata Anda, diantara lain, Anda akan mengalami pembengkakan, penebalan serta timbulnya warna putih pada serat lensa. Warna putih itulah yang pada akhirnya menyebabkan mata Anda katarak.

3. Faktor genetika

Kelainan kromosom yang terjadi akibat dari faktor genetis, ditengarai sebagai gejala dan penyebab mata katarak. Hal ini terjadi karena kelainan kromosom tersebut dinilai dapat mempengaruhi kualitas dari lensa mata seseorang.

4. Infeksi

Kusta, toksoplasmosis, dan infeksi mata lainnya, dianggap mampu memicu munculnya katarak. Maka dari itu, jika Anda mengalami infeksi mata karena penyakit tersebut, segeralah diobati agar nantinya tidak akan menimbulkan mata katarak yang tentunya jauh lebih mengkhawatirkan karena bisa saja Anda mengalami kebutaan.

5. Obat mata

Obat mata sengaja diproduksi untuk mengobati sakit mata, namun obat kortikosteroid merupakan jenis obat mata yang sudah terbukti mampu membuat mata sehat dan normal menjadi mata katarak. Maka dari itu baca terlebih dahulu komposisi dari bahan obat tetes mata yang hendak Anda gunakan, pastikan aman atau tidak, sudah kadaluwarsa atau belum.

6. Mata gatal

Adapun gejala dari mata katarak adalah mata seringkali terasa gatal. Ketika Anda merasakan intensitas mata gatal terus bertambah, sebaiknya Anda segera periksakan mata ke dokter mata, karena mata gatal, mata yang terus menerus mengeluarkan air, mata yang tidak sanggup menahan silau nya cahaya atau mata yang mengalami penurunan kualitas penglihatan ketika malam hari menjelang, semua itu adalah gejala dan penyebab mata katarak menyerang kesehatan mata Anda. Periksakan mata secara berkala, untuk mencegah penurunan kualitas mata semakin mengalami peningkatan.

7. Diabetes

Tentunya anda bertanya - tanya kenapa diabetes dapat menjadi salah satu penyebab penyakit katarak. Karena jika anda menderita penyakit diabetes enzim aldosa reduktase dapat memicu munculnya katarak di mata.

8. Penyakit kulit

Anda tentunya pernah mendengar penyakit kulit cacar air yang dapat tumbuh di mata. Sama halnya dengan penyakit kulit dermatitis atopik, eksim, ichthyosis dan pemfigus.

Bagaimana pemirsa? Semoga bagi anda yang belum menderita katarak bisa terhindar, dan yang sudah mengalami katarak segera mendapatkan pertolongan, agar proses penyembuhan bisa lebih cepat dan mudah. Demikianlah 8 Penyebab Gejala dan Mata Katarak yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat. Baca juga 13 Cara Cepat dan Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat.

Related Post