Penyebab Batuk dan Cara Mengobatinya Secara Alami Tanpa Obat

Posted by Blog Kesehatan

Penyebab batuk dan cara mengobatinya secara alami tanpa obat - Anda sering batuk? Batuk kering, berdahak? Jangan khawatir, batuk sebenarnya merupakan salah satu mekanisme tubuh kita untuk melindungi saluran pernafasan dari berbagai gangguan (wikipedia.org). Memang, batuk terkadang sangat menyiksa, apalagi kalau batuk kering, terkadang membuat kita tidak bisa tidur, dan parahnya juga orang-orang disekitar kita menjadi terganggun.

Perlu juga anda ketahui, bahwa batuk adalah suatu reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan, bisa disebabkan oleh lendir, debu, asap, makanan, dan penyebab lainnya. Kali ini admin ingin sedikit mengulas mengenai Penyebab batuk dan cara mengobatinya secara alami tanpa obat. Wah, apak bisa ya mengobati batuk tanpa obat? Bisa, silahkan simak kalau gitu.

Penyebab Batuk dan Cara Mengobatinya Secara Alami Tanpa Obat

Penyebab utama batuk selain yang sudah saya sebutkan di atas,bisa juga karena adanya debu reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Melalui mekanisme tubuh kita, setelah reseptor menerima rangsangan tersebut maka akan bereaksi dengan cara mengalirkannya melalui syaraf ke pusat batuk yang berada di bagian otak. Selanjutnya reseptor batuk akan memberi sinyal kepada otot-otot dalam tubuh untuk mengeluarkan benda asing tersebut, melalui suatu proses yang dinamakan dengan batuk.

Baik, sebelum kita bahas apa saja Penyebab batuk dan cara mengobatinya secara alami tanpa obat. Ada baiknya kalau kita ulas sedikit mengenai jenis-jenis batuk, mungkin tidak terlalu penting, tapi perlu anda ketahui untuk penanganan lebih lanjut nantinya.

Jenis-jenis Batuk

Ada dua jenis batuk utama, yaitu:
  1. Batuk Akut
    Batuk Akut adalah batuk yang terjadi dan berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.

  2. Batuk Kronis
    Batuk kronis berulang yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis. Pertussis dapat dicegah dengan imunisasi DPT.FM JB
Nah, berikut ini ada beberapa penyebab batuk.

Penyebab Batuk

  1. Umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu.
  2. Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA).
  3. Alergi
  4. Asma atau tuberculosis
  5. Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
  6. Tersedak akibat minum susu
  7. Menghirup asap rokok dari orang sekitar
  8. Batuk Psikogenik. Batuk ini banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis.
(wikipedia.com)

Cara Alami Mengobati Batuk Tanpa Obat


Ada beberpa cara yang dapat kita lakukan saat batuk menyerang diantaranya adalah dengan melakukan tips-tips mengatasi batuk berikut ini :
  1. Pakailah Jaket
    Pakailah jaket saat anda keluar rumah terutama saat cuaca sedang dingin, tujuannya batuk berkurang dan agar tubuh tetap hangat. Sobat inner juga bisa mandi dengan air hangat, makanan-makanan yang hangat, minum minuman yang hangat, pokonya yang hangat-hangat hehe.
  2. Gunakan Minyak Kayu Putih
    Agar tubuh tetap hangat sobat inner juga bisa memakai minyak kayu putih untuk dibalukan di bagian dada, leher dan hidung.
  3. Kurangi Makanan Yang Manis
    Saat anda batuk, anda juga dapat mengurangi makanan/minuman yang manis seper gula, karena makanan atau minuman yang manis-manis dipercaya dapat memicu terjadinya batuk
  4. Cara Menyembuhkan Batuk dengan Campuran Kecap dan Jeruk Nipis
    Untuk menyembuhkan batuk dengan campuran kecap dan jeruk nipis, caranya sangat mudah, kita dapat melakukan langkah-langkah berikut ini :

    a. Bahan-bahan : 
    - 1 atau 2 Buah Jeruk Nipis
    - 1 Sachet Kecap

    b. Cara-cara penggunaan : 
    Belah jeruk nipis tadi menjadi 2 bagian, selanjutnya peras lah jeruk nipis tersebut kedalam gelas. Stelah itu campurkan dengan kecap. Kemudian anda minum campuran kecap dan jeruk nipis tersebut 2 -3 kali / hari sampai batuk anda benar-benar reda.
  5. Cara Mengobati Batuk dengan Ramuan Herbal
    Jika dengan menggunakan campuran kecap dan jeruk nipis kurang ampuh, anda bisa mencoba membuat Obat Herbal penyembuh batuk berikut ini. Caranya juga mudah, anda tinggal melakukan langkah-langkah berikut ini :

    a. Bahan-bahan
    - Gula batu secukupnya
    - 7 Lembar daun sirih
    - 30 gram kencur

    b. Cara-cara : 
    Pertama adana iris daun kencur dan campurkan dengan daun sirih, setelah itu anda rebus dengan air -+ 600cc, dan tunggu hingga air tersisa 300cc. Kemudian anda saring air rebusan daun kencur dan daun sirih tersebut dan campurkan dengan gula batu tadi. Selanjutnya anda minum ramuan herbal ini 2 kali sehari sampai batuk anda benar-benar sembuh
  6. Pakailah Masker Ketika Berkendara
    Memakai masker saat berkendara dapat mengurangi resiko gangguan pada saluran pernafasan yang diakibatkan oleh polusi udara.
  7. Perbanyak Minum Air Putih
    Cara yang terakhir ini merupakan cara yang sederhana yaitu hanya dengan minum air putih. Mengapa harus memperanyak minum air putih? Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa air putih memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh kita termasuk menjaga kebersihan tenggorokan.
Bagaimana sobat? Sudah cuku jelas? Demikianlah penjelasan mengenai Penyebab batuk dan cara mengobatinya secara alami tanpa obat yang bisa kami rangkum. Semoga bermanfaat. Baca juga:

Related Post