Kenali Penyebab Serta Gejala Stroke yang Sering Terjadi

Posted by Blog Kesehatan


Gejala dan Penyebab Stroke mungkin belum terlalu familiar bagi masyarakat kita. Selain karena kurangnya akses informasi untuk masyarakat luas, juga karena kurangnya kepedulian akan kesehatan pribadi, padahal jika stroke sudah menyerang, maka penyesalan berkepanjangan akan menghampirinya.
Storke disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah menuju ke otak, hal ini akan mengakibatkan pasokan darah serta oksigen akan berkurang, sebagai reaksinya otak kita akan mengalami berbagai kerusakan sel-sel saraf di otak. Selain penyumbatan pada pembuluh darah, stroke juga disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. 
Penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, jarang bergerak apalagi berolahraga namun sering mengkonsumsi makanan berlemak dan tidak sehat. Selain gaya hidup, stroke juga disebabkaen oleh penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. 
Nah, berikut ini beberapa gejala penyakit stroke yang harus anda waspadai, karena storke dapat mengakibatkan kelumpuhan dan kematian.

Gejala Penyakit Stoke 

Kenali Penyebab Serta Gejala Stroke yang Sering Terjadi


  1. Terjadinya keadaan yang tidak biasa seperti mati rasa sebelah badan, mengalami kesemutan, bagian bawah kulit seperti perih terbakar dan mengalami baal di salah satu sisi tubuh.
  2. Melemahnya otot, terasa kaku dan menurunnya fungsi sensorik.
  3. Terjadi gangguan penglihatan seperti pandangan gelap dan berbayang sesaat.
  4. Menurunnya kemampuan dalam mencium dan mengecap serta sering terjadi gangguan dalam menelan makanan maupun minuman sehingga sering keselek
  5. Hilangnya kemampuan untuk menahan kencing sehingga sering terjadi kencing tanpa disadari.
  6. Hilangnya keseimbangan tubuh, gerakan tubuh tidak terkoordinasi dengan baik, berjalan menjadi tertatih-tatih dan menjadi sulit kadang terjadi kelumpuhan
  7. Mengalami gangguan untuk memahami pembicaraan orang lain, dan menurunnya dalam hal menulis, membaca dan berhitung dengan baik
  8. Terjadi gangguan dalam bicara sehingga kata-kata yang keluar menjadi tidak jelas, pelo, gagap bahkan sulit memikirkan kata-kata yang akan diucapkan 
  9. Menjadi pelupa atau dimensia, mengalami vertigo atau pusing, perasaan berputar saat tidak melakukan aktifitas.
  10. Kelopak mata kadang menjadi sulit untuk dikendalikan atau dibuka
  11. Banyak tidur dan selalu ingin tidur 
  12. Terjadi gangguan kesadaran, bahkan mengalami pingsan atau tak sadarkan diri
  13. Menjadi lebih sensitif sehingga mudah tertawa dan menangis

Penyebab penyakit stroke


  • Faktor perilaku, terjadi karena perilaku atau gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya beraktifitas dan berolahraga, pola makan yang tidak dijaga, sering mengkonsumsi makanan cepat saji seperti junk food atau fast food, minuman beralkohol, merokok, minuman bersoda, sering mengalami suasana hati yang tidak terkontrol seperti marah-marah dan emosi tanpa alasan yang jelas.
  • Faktor medis, penyebab utama yang memicu terjadinya stroke yaitu mengalami hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol dan arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah, menurut data statistik 80% penyebab stroke terjadi karena penyakit tersebut, dan penyebab lainnya terjdi dikarenakan oleh penyakit jantung, diabetes, mempunyai riwayat keturunan terkena stroke dalam keluarga dan migren.
Itulah beberapa Penyebab Serta Gejala Stroke yang Sering Terjadi, semoga bermanfaat.  Baca juga 12 Manfaat Madu untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui.

Related Post