Gejala Jantung Koroner yang Harus Diwaspadai

Posted by Blog Kesehatan

Gejala jantung Koroner - Mendengar nama penyakit jantung rasanya mengerikan. Bagaimana tidak, penyakit ini merupakan pmbunuh nomor 1 di dunia. Tidak cuma setikdannya 25% penyebab kematian di dunia adalah karena penyakit jantung.
Maka dari itu, agar kita penyakit jantung tidak semakin parah, sebaiknya kita tahu gejala jantung koroner sejak dini agar penyakit jantung yang kita alami tidak dideteksi pada saat sudah parah. Berikut ini beberapa gejala jantung koroner yang harus kita waspadai yang dikutip dari CekSehat.com:
gejala jantung koroner

Gejala Jantung Koroner

Kira-kira apakah anda sudah memiliki gejala jantung koroner? Agar penyakit ini tidak mematikan, maka harus ditangani lebih dini, agar tingkat keparahannya bisa dikenalikan secara tepat dan cepat. Berikut ini gejala jantung koroner yang biasanya muncul:

1. Nyeri dada, Sering merasakan sakit kepala

Gejala penyakit jantung koroner yang pertama adalah dada terasa sesak dan juga sering mengalami sakit kepala. Jika kita sering merasakan dada kita terasa nyeri tiba-tiba, ada baiknya kalau kita memeriksakan kondisi kesehatan, terutama jantung.
Sakit kepala mungkin bisa dibilang gangguan kesehatan yang sepele, namun bila kita sering dan terus berulang mengalami sakit kepala maka, ini harus kita waspadai, bisa jadi ini merupakan pertanda anda terkena jantung koroner.

2. Bagian perut yang membengkak

Gejala jantung koroner yang kedua adalah bagian perut anda akan terasa membengkak, gejala ini bisa kita rasakan secara langsung, jika kita menemukan kondisi perut membengkak tanpa sebab yang jelas, maka ada baiknya kalau kita memeriksakan ke dokter.

3. Detak yang tidak teratur

Seseorang yang terkena penyakit jantung koroner biasanya akan sering mengalami detak jantung yang kacau dan tidak braturan, sehingga ini akan berakibat timbulnya gejala jantung koroner berikutnya.

4. Sesak nafas dan terengah-engah

Sebagai akibat dari detak jantung yang tidak teratur, biasnaya nafas akan terasa sesak dan terengah-engah.

5. Selalu merasakan mual, Nafsu makan berkurang

Gejala selanjutnya yang sebaiknya kita waspadai adalah sering merasa mual dan nafsu makan akan menghilang, akibatnya tubuh akan kekurangan nutrisi dan daya tahan tubuh akan menurun. Semakin lama tubuh akan melemah dan mengakibatkan daya tahan tubuh akan terus menurun. Segera periksakan ke dokter sebelum penyakit lebih parah lagi.

6. Keluar keringat meskipun tidak beraktifitas

Gejala yang satu ini sangat umum terjadi, padahal kita tidak beraktivitas pada namun keringat akan keluar banyak. Bahkan saat menulis akan keluar keringat yang membasahi buku kita. Jika anda sering mengalami hal demikian, dimana keluar keringat padahal kita tidak beraktivitas berat.

7. Rasa lelah terjadi meskipun tidak beraktifitas berat

Selain sering berkeringat meskipun tidak beraktivitas pada, seorang penderita penyakit jantung juga akan mengalami kelelahan padahal tidak sedang atau telah melakukan aktivitas padat. Jika ini sering terjadi sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi kesehatan anda.

8. Pada wanita sering merasakan rasa sakit pada tangan kanan dan lengan kiri

Khusus untuk wanita, penderita penyakit jantung koroner akan sering merasakan rasa sakit pada tangan kanan dan lengan kiri.

9. Pada pria rasa sakit sering terjadi pada lengan kiri

Kalau untuk laki-laki, biasanya penderita penyakit jantung koroner akan mengalami rasa sakit atau nyeri pada lengan kirinya.

10. Rasa sakit dibagian tubuh lainnya seperti, bahu, leher, punggung, siku

Secara umum, pria dan wanita juga akan mengalami beberapa rasa nyeri di anggota tubuhnya, seperti pada bahu, leher, punggung, siku. Jika anda mengalami nyeri pada bagian-bagian tubuh tersebut, sebaiknya anda periksakan kesehatan anda kepada dokter segera.

11. Pembengkakan yang terjadi pada pergelangan kaki dan perut

Penderita jantung koroner juga akan mengalami pembengkakan, baik itu di pergelangan kaki atau perut.
Mungkin gejala jantung koroner yang muncul akan berbeda-beda pada setiap penderitanya. Jika anda menemukan beberapa gejala di atas sering anda alami atau orang tercinta alami, sebaiknya segera periksakan kodisi kesehatan anda ke dokter, jangan dibiarkan berlarut-larut, karena keterlambatan penangan dapat mengakibatkan kematina.
Bagaimana? Anda gejala jantung koroner di atas sudah ada yang anda alami? Mungkin gejala penyakit jantung berbeda-beda pada setiap penderitanya, jika sudah ada sebagian gejala di atas anda alami, sebaiknya segera periksakan kesehatan anda ke dokter.

Related Post