8 Jenis Penyakit yang Sering Terjadi Pada Anak

Posted by Blog Kesehatan

8 Jenis Penyakit Sering Terjadi Pada Anak - Sebagai orang tua, terkadang kita cemas dengan kondisi kesehatan anak yang sangat rentan. Ditambah lagi dengan usianya yang belum bisa bicara membuat kita semakin cemas.

Anak memang sangat rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh mereka yang masih lemah, belum mengerti mana yang bersih, kotor, sehat, baik atau tidak. Itu semau menambah kerentanan anak terhadap gangguan kesehatan yang bisa mengganggunya kapan saja. Maka dari itu, sebagai orang tua kita harus sensitif terhadap kesehatan anak. Perlu diperhatikan pola makan, mainan dan lingkungan anak. Namun, anda tidak boleh mengganggu kreatifitas mereka.

Setidaknya menurut familytime.co.uk, ada 8 Jenis Penyakit yang Sering Terjadi Pada Anak yang perlu anda waspadai. Diantaranya seperti di bawah ini:


Kesehatan Anak : 8 Penyakit Yang Biasa Terjadi Pada Anak

Kesehatan Anak : 8 Penyakit Yang Biasa Terjadi Pada Anak

Penyakit yang Sering Terjadi Pada Anak


1. Radang Amandel

Penyakit yang pertama adalah Radang Amandel. Penyakit tersebut disebabkan oleh virus atau bakteri, tetapi sebagian besar penyebabnya adalah karena virus. Tanda-tanda penyakit ini yaitu ditandai oleh adanya pembengkakan pada amandel

2. Demam

Penyakit umum yang biasa terjadi pada anak selanjutnya yaitu demam. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Virus ini adalah virus yang memicu gejala penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, kedinginan, dan kemerahan pada pipi anak.

3. Batuk

Penyakit yang ketiga yaitu Batuk. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang terhirup masuk ke dalam saluran pernafasan. Batuk ini biasanya diawali dengan sakit flu terlebih dahulu, kemudian berkembang dan menjadi sakit batuk yang parah.

4. Cacar Air

Cacar air merupakan penyakit menular dan dapat menyebabkan penyakit demam, sakit kepala, gatal-gatal dan benjolan berisi cairan. Cacar air ini disebabkan oleh virus. Maka dari itu jika ada salah satu temannya mengalami cacar air cobalah untuk jauhkan anak dari temannya, hal ini dilakukan untuk pencegahan agar penyakit cacar air tersebut tidak menulari anak kita.

5. Gatal-gatal

Gatal-gatal pada anak biasanya disebabkan oleh bakteri atau kringat. Penyakitgatal tersebut biasanya terjadi pada tangan, kaki dan mulut si anak. Selain merasa gatal anak-anak akan merasa tidak enak badan.

6. Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh nyamuk aides aygepty yang membawa bakteri penyebab demam berdarah. Penyakit ini ditandai dengan demam tinggi, wajah anak yang memerah, sakit pada tanggorokan, dan terdapat bintik-bintik merah pada kulit anak.

7. Flu

Flu merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus tersebut menginfeksi telinga, hidung, tenggorokan dan sinus. Akibatnya anak yang menderita flu biasanya akan mengalami sakit pada tenggorokan, pilek, batuk, sakit kepala, suhu badan tinggi, dan sakit persendian anak. 

8. Panas Dalam

Panas dalam bisa disebabkan oleh keadaan cuaca dan bisa juga disebabkan oleh makanan, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dsb. Saat panas dalam biasanya bibir pecah-pecah, terasa sakit dan terdapat benjolan di bibir dan tenggorokan.

Bagaimana? Itulah 8 Jenis Penyakit yang Sering Terjadi Pada Anak yang perlu anda waspadai. Jaga pola makan dan nutrisi anak. Usahakan agar anak anda mengkonsumsi ASI 2 tahu pertamanya. 

Baca juga:
Penyebab dan Cara Menyembuhkan Mata Minus
Tips Cara Alami Mengatasi Ambeien, Tanpa Obat, Tanpa Operasi
Penyebab Utama dan Gejala Penyakit Maag

Related Post