5 Tips Cara Mudah Mengatasi Ambeien Serta Ambein Setelah Melahirkan

Posted by Blog Kesehatan

5 Tips Cara Mudah Mengatasi Ambeien Serta Ambein Setelah MelahirkanAmbien meskipun tidak mematikan namun sangat mengganggun kita, apalagi kalau kita kerja di kantoran yang biasa di depan komputer, duduk lagi, wah pasti merasa sangat terganggu. Kali ini kami ingin berbagi 5 Tips Cara Mudah Mengatasi Ambeien yang bisa anda lakukan.
5 Tips Cara Mudah Mengatasi Ambeien Serta Ambein Setelah Melahirkan

5 Tips Cara Mudah Mengatasi Ambeien

1. Menurunkan berat badan

Menurut John O. Lawder, M.D., dari Torrance, California, berat badan berlebih akan membuat kita mempunyai lebih banyak takanan di area bawah tubuh. Hal ini akan membuat penderita obesitas (kelebihan berat badan) lebih berisiko mengalami lebih banyak gangguan wasir.

2. Mengontrol asupan garam

Garam bisa memperburuk kondisi wasir. Menurut Lawder, garam berlebih akan menahan cairan di sistem peredaran sehingga bisa menyebabkan pembesaran vena di anus dan area lainnya.

3. Menghindari makanan dan minuman tertentu

Beberapa makanan, meskipun tidak memperburuk wasir bisa menyebabkan rasa gatal saat melewati usus. Cobalah membatasi asupan kopi, bumbu perasa yang kuat (seperti cabe), bir dan kola/minuman bersoda.

4. Mengurangi tekanan saat hamil

Perempuan hamil beresiko mengalami wasir. Hal ini, terang Lewis R. Townsend, M.D., dari Georgetown, University Hospital di washington DC, karena rahim tepat berada di atas pembuluh darah yang mengeringkan pembuluh darah wasir. Untuk mengatasi hal itu Townsend menganjurkan Anda untuk berbaring menghadap ke samping selama 20 menit setiap 4-6 jam. Dengan cara ini Anda sudah mengurangi tekanan pada vena utama yang meguras bagian bawah tubuh.

5. Memperbanyak minum air


Minumlaj air sekitar 1,5 – 2 liter per hari atau lebih.
Itu bisa anda lakukan untuk mengurangi secara perlahan gangguan pada anus anda, hingga akhirnya benar-benar sembuh. Nah, bagaimana cara mengatasi ambeien setelah melahirkan?
Selain 5 Tips Cara Mudah Mengatasi Ambeien di atas, kami juga ingin berbagi bagaimana cara mengatasi ambeien setelah melahirkan?

Bagaimana Cara Mengatasi Ambeien Setelah Melahirkan?

 Ambeien tidak hanya dialami oleh sebagian pria saja, namun juga dapat melanda pada wanita. Pada wanita umumnya merasakan adanya ambeien usai melahirkan anak dengan jalan normal. Ambeien yang dapat melanda pada wanita pasca melahirkan karena mengedan dengan kuat, membut penurunan kantong yang ada di dalam perut menurun. Ambeien merupakan pemasalahan lain yang sering dialami para wanita setelah melahirkan yang diakibatkan oleh saluran darah yang pecah saat persalinan.
Sebagian besar wanita juga akan mengalami sembelit yang memperbesar kemungkinan terjadinya ambeien akibat terlalu keras mengejan. Pola makan dengan kadar serta tinggi akan sangat membantu mengatasi ambeien usai melahirkan.
Saat persalinan, terjadi tekanan yang kuat di bagian rektum atau anus. Ini dapat memperparah ambeien memang sudah ada (ambeien sering kali berkembang pada kehamilan terutama semester ketiga) atau membentuk ambeien yang belum ada.
Wanita akan merasakan wambeien sebagai gundukan yang sebenarnya adalah varisese vena pada anus yang menimbulkan rasa nyeri, gatal, panas dan kadang berdarah. Pada wanita yang tidak mempunyai gejala ambeien sebelum kehamilan, gejala yang menganggu ini biasanya hilang di awal masa nifas.
Cara untuk mengatasi ambeien setelah melahirkan adalah dengan memijat bagian perut dengan minyak esensial rosemary yang dicampur dengan minyak seperti minyak almond manis (sweet almond oil). Campurkan 1 tetes minyak esensial dengan 1 sendok teh minyak pijat.
Ada beberapa tipe mengatasi ambeien setelah melahirkan :
1. Oleskan krim ambeien yang dijual bebas. Konsultasikan dengan dokter anda untuk minta rekomendasi krim ambeien yang paling baik.
2. Kompres bagian yang sakit dengan kompresan dingin.
3. Gunakan teh kamomil dan marigold untuk mengurangi rasa gatal pada anus/dubur akibat ambeien yang diderita.
4. Pengobatan homeopati juga efektif untuk membantu penyembuhan ambeien wanita setelah melahirkan, seperti pulsatilla dan witch hazel dengan krim horsechesnut.
5. Tambahkan minyak esensial frankincense, geranium atau juniper dalam air mandi (ikuti peutnjuk pada botol untuk mengetahui berap banyak minyak yang harus digunakan.
6. Pijat refleksi juga bisa membantu mengatasi ambeien dan sembelit.
7. Mencoba mempertahankan keteraturan buang air besar.
8. Tidur dalam posisi miring bukan telentang
9. Jangan duduk terlalu lama
10. Lakukan latihan kegel

Related Post