Tips Cara Mengatasi Kerak Kepala Bayi

Posted by Blog Kesehatan

Tips Cara Mengatasi Kerak Kepala Bayi - Apa anda pernah menemukan adanya kerak kepala pada bayi anda? Namun anda tidak perlu khawatir, karena tidak membahayakan. Sebenarnya itu merupakan kelanjar minyak kulit kepala, namun kelenjar minyak tersebut belum berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga mengakibatkan timbulnya semacam kerak yang terkelupas dari kulit kepala.

Jadi, anda tidak perlu khawatir. Tidak membahayakan. Kerak ini sebenarnya merupakan akumulasi dari debu dan kotoran yang lengket pada kulit kepala berminyak, lama kelamaan akan membentuk seperti sisik-sisik halus, lama-kelamaan membentuk kerak ( dermatitis seboroik ringan ).

Tips Cara Mengatasi Kerak Kepala Bayi



Tips Menangani Kerak Kepala pada bayi


  • Pada kerak kepala ringan, oleskan minyak kelapa atau baby oil di bagian kulit yang bersisik.Pijat daerah tersebut secara perlahan dan lembut.Tindakan ini bertujuan untuk melembutkan kerak sehingga mudah dibersihkan.
  • Sisirlah rambut bayi menggunakan sisir khusus bayi secara perlahan dan hati-hati agar kerak yang sudah lembut mengelupas.Apabila tidak ada sisir dapat menggunakan jari-jemari yang sudah memakai sarung tangan yang terbuat dari bahan lembut atau plastik elastis yang halus.Selain itu, juga dapat menggunakan kapas yang sudah di sterilkan.
  • Setelah itu, cuci rambut bayi menggunakan shampo khusus bayi. Gosok secara lembut sampai berbusa lalu basahi hingga bersih.Ingat, jangan menggunakan air hangat karena akan menyebabkan kulit kepala semakin lembab.Kulit kepala yang lembab dapat memicu peradangan kelenjar minyak.
  • Apabila usaha penanganan diatas tidak membersihkan hasil, kulit kepala bayi perlu diberi obat-obatan yang sifatny menekan produksi kelenjar minyak.Apalagi bila puncak kepala berwarna merah dan mengeluarkan cairan kuning agak berminyk, keadaan ini akan sulit diatasi menggunakan obat tradisional.Oleh karena itu segera bawa anak ke dokter atau puskesmas untuk mendapatkan penanganan secara profesional.
  • Tips Mencegah Kerak Kepala pada Bayii hingga pendek atau digundul saja untuk mencegah timbulnya peradangan kelenjar minyak.
  • Jangan memberi bedak atau talk di kepala , karena akan membuat kerak semakin tebal.
  • Jangan pula bayi dikenakan topi, kecuali jika sangat diperlukan.hal ini bertujuan agar kepalanya tidak lembab.
  • Selain itu, sebaiknya kamar bayi senantiasa bersuhu sejuk agar keringat bayi tidak berlebihan.
Bagaimana bunda? Mudah bukan? Jadi jangan panik dulu ya. Eh, anda tidak panik ya. Bagus deh kalau gitu. Kita memang harus tetap tenang agar dapat berfikir secara jernih. Demikianlah beberapa Tips Cara Mengatasi Kerak Kepala Bayi dari kami. Semoga bermanfaat. Baca juga:

Related Post