Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok Bayi

Posted by Blog Kesehatan

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok Bayi - Salah satu masalah kesehatan kulit yang sering terjadi pada bayi adalah ruam popok. Apa itu ruam popok? Tahukah anda apa itu ruam popok? Ruam popok itu sebenarnya adalah iritasi pada kulit bayi, sehingga mengakibatkan bayi menjadi rewel. Ruam popok pada bayi membuat kulit kemerahan, agak membentol-bentol. Bayi yang terkena ruam popok biasanya akan rewel, karena dengan cara itulah dia mengekspresikan rasa tidak nyaman.



Bagi bayi anda yang sering menggunakan popok, maka anda juga harus rajin memperhatikan popoknya, apakah dia sudah buang air besar atau belum. Jika anak anda sudah pup namun popoknya tidak segera diganti maka akan memperparah ruam popok. Pupu adalah iritan kulit yang sangat kuat. 





Oh ya, sebagai saran saja, jika anda memilih popok kain maka dianjurkan untuk yang berbahan dasar mudah meresap seperti yang berbahan dasar katun. Jangan juga terlalu sering menggunakan popok pada bayi, dianjurkan pada saat-saat tertentu saja, seperti ketika bepergian, malam hari ketika tidur dsb.

Saat kontak dengan urine dan feses, ruam bisa makin parah dan menimbulkan infeksi serta pembengkakan.



Nah, untuk mengatasi ruam popok, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan orang tua, seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (17/1/2014):


Cara Mengatasi Ruam Popok

1. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah obat yang efektif untuk mengatasi ruam popok. Dengan sifatnya sebagai antiseptik, minyak kelapa bisa mengurangi kemerahan pada bagian pantat bayi. Oleskan minyak kelapa di bagian pantat yang terdapat ruam dan pijat perlahan.

2. Pakai popok katun

Saat bayi mengalami ruam pada pantatnya, hindari penggunaan popok gel berdaya serap tinggi. Lebih baik, Anda gunakan popok berbahan dasar kain untuk kulit bayi yang teriritasi.

3. Minyak zaitun

Mengoleskan minyak zaitun di ruam pada pantat bayi akan menjaga kelembaban kulitnya. Keringkan terlebih dulu kulit yang terkena ruam lalu oleskan minyak zaitun. Ini akan mencegah air melakukan kontak dengan kulit yang terkena ruam.

4. Baking soda

Tambahkan dua sendok makan baking soda ke dalam bak mandi, lalu campurkan dengan air hangat. Biarkan si kecil berendam beberapa saat sembari mandi.

5. Maizena

Campurkan tepung maizena dan gel petroleum sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan di bagian pantat bayi yang terdapat ruam. Cara ini berguna menjaga kelembaban kulit bayi.

6. Air Susu Ibu (ASI)

ASI adalah obat terbaik untuk mengatasi ruam popok, lho. Dengan berbagai kandungan nutrisi dan zat gizi di dalamnya, Anda bisa mempertimbangkan ASI sebagai obat alternatif mengatasi ruam popok.

7. Beri 'waktu bernapas'

Untuk sementara waktu, jangan pakaikan dulu popok pada si kecil. Hal ini dilakukan agar kulitnya bisa mendapatkan udara segar. Tidurkan bayi di kasur dengan alas yang lembut dan bersih dan biarkan kulitnya mendapat waktu bernapas.


Ruam popok merupakan radang kulit yang biasa terjadi di daerah yang ditutupi popok.Misalnya alat kelamin, lipatan paha, dan pantat.Ruam ini terjadi karena kulit terlalu sering terpapar ( bersentuhan ) dengan air seni atau tinja sehingga kulit tampak kemerahan, kadang disertai bintil-bintil.

Cara Mencegah Ruam Popok

  1. Hindari menggunakan popok atau celana dari bahan plastik, karet, wol, nilon, atau bahan lainnya yang sulit menyerap keringat.
  2. Jangan mengikat popok terlalu kencang.
  3. Apabila ruam popok meluas ketempat lain dan menyebabkan bayi kesakitan, sebaiknya segera di bawa ke puskesmas atau dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
Demikianlah ulasan dari kami mengenai Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok Bayi, semoga bermanfaat ya.
Baca juga:

Related Post